KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA RI

SEKRETARIAT WAKIL PRESIDEN

Aiming High Indonesia Ambition to Reduce Stunting Menggapai lebih Tinggi Ambisi Indonesia Menurunkan Stunting

13 Juli 2021 | Lainnya, Produk Pengetahuan, Pusat Pembelajaran

Aiming Hight Indonesia Ambition to Reduce Stunting atau Menggapai Lebih Tinggi Ambisi Indonesia Menurunkan Stunting adalah buku terbitan World Bank pada 2018. Buku ini memotret berhasilan Indonesia pada tahun 1980an dan memperbarui ambisinya untuk mengakhiri tingginya prevalensi stunting. Pada tahun 1980-an, program gizi masyarakat Indonesia menjadi sorotan dunia dan menjadi contoh program berbasis komunitas bagi negara-negara lain yang peduli dengan pengurangan tingkat kekurangan gizi masyarakat. Indonesia kala itu jauh lebih unggul dari negara-negara tetangganya yang setara dan telah menyelenggarakan surveilans gizi dan posyandu (pos pelayanan terpadu).

Pada dekade selanjutnya Indonesia menikmati beragam kesuksesan; intervensi baik skala kecil maupun besar berhasil mengurangi prevalensi kekurangan gizi. Pada saat yang sama, ada kemunduran, hilangnya perhatian, persaingan prioritas, tantangan desentralisasi, manajemen yang lemah dan tata kelola yang buruk – kesemuanya berdampak pertumbuhan anak-anak Indonesia.

Pada 2017 Pemerintah Indonesia menyusun Strategi Nasional Percepetan Pencegahan Stunting (Stranas Stunting 2018-2024). Dalam buku inilah bagaimana perubahan ambisi itu dilakukan, merubah visi menjadi sebuah kenyataan. Perubahan ini dijabarkan sehingga terlihat dengan jelas reformasi ambisi dan tujuan untuk menurunkan stuning di Indoensia.

Aiming High Indonesia Ambition to Reduce Stunting

Ringkasan Eksekutif Aiming High Indonesia Ambition to Reduce Stunting

 

BAGIKAN

Baca Juga

Link Terkait