KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA RI

SEKRETARIAT WAKIL PRESIDEN

Setwapres dan PT Mayora mendukung “Kasih Bersanding Mesra” di Pasuruan

31 Januari 2022 | Berita, Media

 

“Kasih Bersanding Mesra” adalah program Pemkab Pasuruan sebagai upaya percepatan penurunan stunting di daerah ini. Kasih Bersanding Mesra merupakan singkatan dari Keluarga Bersih Bebas Stunting Menuju Masyarakat Sejahtera. Program ini meliputi 4 hal strategis yaitu: Posting (Posyandu Tematik Stunting), Relasi (Voucher Belanja Nutrisi), Kasih Agawe (Penyediaan Sanitasi) dan Kie Bersanding (Komunikasi Informasi dan Edukasi Bersama Sadar Stunting). Hal tersebut di atas dipaparkan oleh Wakil Bupati Pasuruan, Bapak KH. Abdul Mujib Imron, pada kegiatan kick-off kemitraan PT. Mayora Indah Tbk dengan Sekretariat Wakil Presiden, Rabu 26 Januari 2022, bertempat di Joglo Kejayen Pasuruan.

Desa Kurung, Kabupaten Pasuruan adalah lokasi ketiga kemitraan Setwapres telah bekerja sama dengan PT. Mayora Indah Tbk. Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan serupa pada bulan Oktober 2021, di Provinsi Banten di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Lebak dan di Provinsi Jawa Barat pada Desember 2021 di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Angka stunting di Kabupaten Pasuruan sendiri terus mengalami perbaikan. Tahun 2019 pada angka 22,5%, tahun 2020 pada angka 21,5 % dan untuk tahun 2021 berdasarkan data yang diperoleh pada bulan Agustus sebagai bulan pemberian vitamin A dan bulan timbang diperoleh angka stunting Kab. Pasuruan sebesar 18,1%.

Ibu Intan Rionita Latief, selaku Head Of Public Relation PT. Mayora Indah Tbk, dalam laporan pelaksanaan kegiatan, menyampaikan komitmen dari PT. Mayora untuk mendukung program Pemkab Pasuruan terkait upaya percepatan penurunan stunting di Desa Kurung.

Sementara itu Asisten Deputi Penanggulangan Kemiskinan – Setwapres, Bapak Abdul Muis menekankan beberapa hal, antara lain: Pemerintah akan terus mendorong kegiatan kemitraan dengan menyambungkan antara pihak swasta dengan pemerintah daerah, sehingga berbagai kontribusi dari pihak-pihak swasta  bisa optimal menutup gap program yang direncanakan oleh pemerintah daerah. Selain Itu Bapak Abdul Mu’is juga meminta agar Pemkab Pasuruan mulai membangun sistem data terpadu mulai dari desa/kelurahan, terkait angka stunting, jenis intervensi, lokasi, anggaran, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam percepatan penutunan stunting.

Kick-off kemitraan PT. Mayora Indah Tbk dengan Setwapres, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Pasuruan, Bapak KH. Abdul Mujib Imron dan disaksikan oleh Asisten Deputi Penanggulangan Kemiskinan – Setwapres, Bapak Abdul Mu’is dan Head Of Public Relation PT. Mayora Indah Tbk, Ibu Intan Rionita Latief, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis peralatan Posyandu dan PMT, serta penyematan selempang duta stunting. Para duta stunting berasal dari 7 Posyandu pemerintah daerah Desa Kurung.

BAGIKAN

Baca Juga

Link Terkait