KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA RI

SEKRETARIAT WAKIL PRESIDEN

TP PKK MEREVITALISASI LAHAN DI ANCOL UNTUK PENANGANAN STUNTING

31 Agustus 2022 | Berita, Media

Jakarta РUntuk mempercepat penurunan stunting, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Ancol menyiapkan program revitalisasi lahan, terutama yang tidak produktif, agar bisa dikembangkan untuk pertanian dan peternakan.

Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol adalah lahan yang akan dialihfungsikan untuk menghasilkan berbagai jenis tanaman sayuran, buah-buahan, dan juga memiliki kolam ikan yang dagingnya kaya dengan Omega 3.

“Awalnya, lahan yang ada ini tidak produktif dan tekstur tanahnya sulit untuk ditanami. Namun, dengan semangat kolaborasi, kami bertekad untuk merevitalisasi lahan tersebut menjadi Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol yang akan bermanfaat untuk warga sekitar,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Ancol Ena Suhaenah di Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol, Selasa, 30 Agustus 2022, dikutip dari Tempo.co.

Erna menjelaskan, sejak bulan Februari 2022, TP PKK Kelurahan Ancol berupaya menanami lahan di dekat Puskesmas Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, dengan beragam jenis tanaman produktif mulai dari kacang panjang, terong ungu, kangkung, cabai, tomat, jagung, timun, dan lainnya.

“Dari bulan Februari sampai sekarang sudah panen dua kali. Hasil kebun kami berikan untuk penanganan Balita stuntingdi wilayah Kelurahan Ancol,” ujar Ena.

TP PKK Kelurahan Ancol memberikan hasil panen sayuran secara cuma-cuma ke rumah warga yang terdeteksi memiliki Balita stunting sebagai bentuk kepedulian.

“Setiap bulannya, kami kirim sayuran atau hasil panen lainnya sebagai bahan makanan tambahan untuk peningkatan gizi Balita. Ini adalah salah satu bentuk dukungan kita dalam penanganan Balita stunting,” kata Ena.

Hasil panen Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol diharapkan bermanfaat bagi masyarakat sekitar, terutama untuk meningkatkan gizi Balita. Ke depan, Taman Produktif ini bisa juga menjadi ladang edukasi untuk berbagi ilmu tentang tanaman dan wisata edukasi lainnya.[]

BAGIKAN

Baca Juga

Link Terkait