KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA RI

SEKRETARIAT WAKIL PRESIDEN

National Stunting Prevention Acceleration Technical Coordination Meeting

23 October 2020 | News

Sekretariat Wakil Presiden menggelar Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakortke) Percepatan Pencegahan Stunting secara virtual di Jakarta, Rabu – Kamis (21-22). Rapat diikuti 1700 peserta dari 103 kabupaten/kota prioritas stunting tahun 2021 dan dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Turut hadir Menko Bidang Pembanguna Manusia dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, 34 gubernur, dan 103 kepala daerah lokasi prioritas Program Percepatan Stunting 2021.

Dengan memanfaatan teknologi, Setwapres memfasilitasi kabupaten/kota mengikuti pelatihan pemetaan analisa situasi dalam rangakian Rakortek Stunting 2020. Menggunakan media virtual, peserta dibagi dalam sejumlah kelas paralel yang membahas secara detil mengenai analisa situasi dan pemetaan program, kegiatan dan sumber anggaran di tingkat kabupaten/kota dan desa.

“Konvergensi kegiatan penanganan stunting hinggak kabupaten. kota dan desa adalah tantangan tebesar kita. Konvergensi adalah kata yang mudah diucapkan, tetapi seringkali tidak mudah diwujudkan. Setiap lembaga yang terlibat penanganan stunting harus menghilangkan ego sektoral, karena konvergensi membutuhkan kerjasama antar pihak” kata KH. Ma’ruf Amin.

Staf khusus Wakil Presiden yang juga menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif (Ad Interim) TNP2K, Bambang Widianto mengatakan, meski dalam situasi pandemi Covid-19, dengan memanfaatkan teknologi Setwapres tetap memfasilitasi kabupent/kota mengikuti pelatihan pemetaan analisis situasi dalam rangkaian Rakortek Stunting 2020.

Secara virtual peserta juga mengikuti mengikuti sesi pengetahuan praktik baik program dengan berbagai topik. Diantaranya pengelolaan data, pengarusutamaan gender, penerapan konvergensi di kabupaten hingga desa dan kemitraan multi pihak untuk pencegahan stunting.

Teknologi telah memungkinkan ribuan peserta tersebar di seluruh Indonesia mengikuti acara ini selama dua hari dengan baik. Forum ini juga memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan narasumber dari kepala desa, camat, kepala daerah, dan staf kementerian/Lembaga bahkan perwakilan dunia usaha yang membagi pengalaman dan pengetahuan tentang pelaksanaan program kepada peserta.

Seluruh materi acara diunggah di https://www.stunting.go.id, dan acara disiarkan ulang di saluran youtube TP2AK.

Berita terkait http://www.wapresri.go.id

Rapat Koordinasi Teknis Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting Nasional 21-22 Oktober 2020

 

BAGIKAN

Baca Juga

Link Terkait