KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA RI

SEKRETARIAT WAKIL PRESIDEN

Pilar 5

Pemantauan dan Evaluasi

Pilar 5

Pilar 5 (lima) bertujuan untuk meningkatkan pemantauan dan evaluasi sebagai dasar untuk memastikan pemberian layanan yang bermutu, peningkatan akuntabilitas, dan percepatan pembelajaran.

Sistem pemantauan dan evaluasi berbasis hasil dapat membantu pemerintah untuk membangun basis pengetahuan yang kuat dan mendorong perubahan cara menyelenggarakan program, peningkatan kinerja, akuntabilitas, transparansi, pengetahuan dan mempercepat pembelajaran. Untuk memastikan keberlanjutannya, sistem pemantauan dan evaluasi berbasis hasil ini perlu mendapat perhatian, dukungan sumber daya, dan komitmen politik secara terus menerus. Pemantauan dan evaluasi akan menitikberatkan pada: (a) dampak dan capaian program; (b) output kunci; dan (c) faktor-faktor yang mendukung percepatan pencegahan stunting.

Pemantauan akan memanfaatkan sistem pengumpulan dan pelaporan data yang telah ada, termasuk data BPS, data Kementerian/Lembaga, sistem anggaran nasional dan daerah, sistem perencanaan dan pemantauan elektronik pemerintah, seperti KRISNA, E-Monev, OM-SPAN, dan SMART. Sistem yang telah dikembangkan tersebut dapat disempurnakan untuk menjawab kebutuhan penilaian pencapaian dan dampak program di tingkat nasional dan kabupaten/kota. Kegiatan pemantauan langsung akan dilakukan untuk melakukan verifikasi data ke daerah dan mengumpulkan informasi yang tidak tercakup dalam sistem pendataan yang ada. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi program pencegahan stunting akan dikoordinasikan oleh Bappenas dan Setwapres.

SSGBI

Badan Pusat Statistik bersama dengan Badan Penelitan dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan melaksanakan integrasi Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2019 dengan Studi Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) Tahun 2019. Dengan integrasi tersebut, dapat diperoleh data prevalensi stunting sekaligus analisis yang lebih kaya mengenai faktor sosial ekonomi rumah tangga yang dapat digunakan untuk penanganan penurunan stunting.

Sumber: Laporan Riset Nasional – Kemenkes

Laporan Pelaksanaan Integrasi Susenas
Panduan Susenas SSGBI
Laporan Nasional RKD 2018

 

BAGIKAN

Baca Juga

Link Terkait