KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA RI

SEKRETARIAT WAKIL PRESIDEN

Forum Pengetahuan Cegah Stunting, Ketahanan Pangan Daerah untuk Percepatan Pencegahan Stunting

29 November 2020 | Forum Tukar Pengetahuan

Salah satu upaya dalam pencegahan stunting adalah penyusunan praktik baik, yang dilakukan pemerintah pusat, kabupaten/kota, hingga desa. Praktik baik dari suatu daerah dapat dijadikan sebagai sumber pengetahuan yang dapat dicontoh, direplikasi, diadaptasi dan dinovasikan oleh daerah lain. Kegiatan dan pendokumentasian berbagai praktik tersebut sangat diperlukan agar dapat disebarkan ke daerah lain melalui berbagai saluran komunikasi.

Kegiatan penyampaian berbagai praktik baik dalam percepatan pencegahan stunting adalah salah satu mandat dalam Stranas Stunting di Pilar 5: Pemantauan dan Evaluasi. Bekerja sama dengan Bappenas dan Kementerian Dalam Negeri, Setwapres telah mengindentifikasi beberapa praktik baik yang bisa disampaikan kepada para aktor penyelenggara program, baik di tingkat nasional maupun daerah.

Salah satu faktor penting dalam keberhasilan pencegahan stunting adalah ketahanan pangan dan gizi. Keberhasilan suatu daerah dalam menyediakan akses makanan bergizi kepada masyarakat dapat menginspirasi daerah-daerah lain. Salah satu contoh inovasi yang bisa direplikasi daerah lain adalah BPNT lokal di Kabupaten Kulonprogo. Program BPNT lokal Kabupaten Kulonprogo bersumber dari APBD, dan menyertakan ikan lele sebagai komoditas yang dibagikan kepada penerima manfaat. Contoh inovasi lainnya dilakukan Yustina Jari, seorang perempuan dari Kabupaten Flores Timur. Dia dapat mengembangkan berbagai jenis tanaman lokal yang adaptif dengan kekeringan yang dapat menjawab penurunan produksi pangan.

Agar berbagai praktik baik dalam percepatan pencegahan stunting bisa disebarluaskan, Setwapres mengadakan Forum Pengetahuan Cegah Stunting: Ketahanan Pangan Daerah untuk Percepatan Pencegahan Stunting yang dilaksanakan pada 29 November – 2 Desember 2020. Selain narasumber dari Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Flores Timur, narasumber lainnya berasal dari Kementerian Sosial, Badan Ketahanan Pangan, PT. Pertani dan sejumlah narasumber lainnya. Diharapkan proses pembelajaran dan alih pengetahuan cegah stunting antar daerah dapat berawal di kegiatan ini.

 

Materi

Inisiasi BPNT Lokal Kabupaten Kulonprogo
Flores Timur Gempur Stunting Melalui GEROBAK CINTA dari SOLOR Menuju Generasi Unggul Flores Timur

Felix Suban Hoda
Tim Percepatan Penanggulangan dan Pencegahan Stunting Kabupatem Flores Timur

Kegiatan dan Strategi Program Ketahanan Pangan untuk Percepatan Pencegahan Stunting

Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng
Kepala Badan Ketahan Pangan

Corporate Farming Melalui PT Pertani: Mendukung Ketahanan Pangan Daerah
Upaya Pencegahan & Capaian Stunting Melalui Program Sembako/BPNT

Asep Sasa Purnama
Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin

Penggunaan Data dan Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Program

wandi@lokadata.id | @suwandiahmad
Chief Data Officer Lokadata.ID

Story Telling with Data
Membalik Kemiskinan, Menjadi Kesejahtraan, Ampuh Cegah Stunting

Thariq Modanggu
Wakil Bupati Gorontalo Utara

 

 

BAGIKAN

Baca Juga

Link Terkait