KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA RI

SEKRETARIAT WAKIL PRESIDEN

Bimbingan Teknis Analisa Situasi dan Pemetaan Program, Kegiatan dan Pembiayaan yang Mendukung Penurunan Stunting

28 Oktober 2021 | Berita

Pilar 3 konvergensi program di daerah dilaksanakan melalui 8 aksi konvergesi cegah stunting oleh 514 kabupaten/kota. Aksi-1, yaitu Analisis Situasi, di dalamnya termasuk pemetaan program, kegiatan dan pembiayaan. Sampai saat ini 360 kabupaten/kota prioritas tahun 2018-2021 telah melaksanakan aksi konvergensi, sedangkan 154 kabupaten/kota prioritas tahun 2022 belum mendapatkan bimbingan teknis pelaksanaan aksi konvergensi.

Berkaitan hal tersebut dan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas 154 kabupaten/kota prioritas 2022 dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting melalui aksi konvergensi, maka perlu dilakukan penguatan kapasitas daerah melalui bimbingan teknis analisa situasi dan pemetaan program, kegiatan dan pembiayaan. Acara ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Bergerak Bersama untuk Percepatan Penurunan Stunting (Rakornas 2021) kabupaten/kota prioritas tahun 2022 yang telah dilaksanakan secara daring pada 23 – 24 Agustus 2021.

Pelaksanaan bimbingan teknis ini dilaksanakan secara daring oleh Sekretariat Wakil Presiden dan Kementerian Dalam Negeri serta dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari 34 provinsi dan 154 kabupaten/kota.

Bimbingan teknis ini terbagi atas 2 gelombang

• Gelombang 1
31 Oktober-3 November 2021
Peserta: Aceh, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Banten, Bali, Jawa Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Barat.

• Gelombang 2
3-6 November 2021
Peserta: Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara.

Materi kegiatan dapat diunduh pada tautan-tautan di bawah ini.
Agenda acara : terlampir
Materi Bimtek : https://bit.ly/pemetaan_2021

Agenda Acara Bimbingan Teknis Analisa Situasi dan Pemetaan Program, Kegiatan Yang Mendukung Penurunan Stunting
Peran Pemerintah Daerah dalam Percepatan Penurunan Stunting – Dr. Ir. Suprayoga Hadi, MSP
Deputi Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas – Subandi Sardjoko (1)
Deputi Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas – Subandi Sardjoko (2)
Peran Kabupaten/Kota dalam Melaksanakan 8 Aksi Konvergensi – Arifin Efendi Hutagalung (Gel 1) – R. Budiono Subambang (Gel 2)
Percepatan Penurunan Stunting di Desa – Eppy Lugiarti
Pendampingan Keluarga Berisiko Stunting – Ir. Siti Fathonah, MPH
Pentingnya Analisis Situasi dan Pemetaan Program, Kegiatan dan Sumber Anggaran Percepatan Penurunan Stuting – Iing Mursalin
Penyusunan Analisa Situasi, Pemetaan Program Kegiatan, dan Pembiayaan Mendukung Penurunan dan Pencegahan Stunting Tahun 2021 / 2022 Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
Penyusunan Analisa Situasi, Pemetaan Program Kegiatan, dan Pembiayaan Mendukung Penurunan dan Pencegahan Stunting Tahun 2021 / 2022 KP2S Kab. Kotawaringin Barat

 

 

 

BAGIKAN

Baca Juga

Link Terkait